Pembuatan Kolam

KEGIATAN 1

Proses Pembuatan Kolam

Seperti yang dibahas sebelumnya Aquaculture Technopark merupakan suatu sistem budidaya yang merupakan gabungan dari sistem budidaya ikan dengan modifikasi khusus berupa penanaman tanaman sayur yang diaplikasikan menjadi satu kesatuan yang membentuk suatu wahana budidaya yang kompleks mulai dari budidaya ikan yang terletak pada kolamnya serta budidaya tanaman yang berada di sekeliling kolam bahkan di atas kolam yang memanfaatkan limbah yang dihasilkan dari kolam tersebut sebagai sumber kehidupan bagi tanaman yang hendak dibudidayakan.

Nah, dalam Aquaculture Technopark kolam merupakan media utama dalam sistem ini adapun sebelum terbentuknya Aquaqulcure Technopark sistem terlebih dahulu kita harus membuat kolamnya terlebih dahulu. Adapun tahapan dalam pembuatan kolam yang dilakukan selama praktikum ini antara lain:

  1. Tahap Persiapan

Sebelum memulai pembuatan kolam, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan agar tidak menghambat kegiatan pembuatan kolam. Adapun peralatan yang diperlukan dalam pembuatan kolam ini antara lain:

  1. Rangka kolam, dalam pembuatan rangka kolam kita membutuhkan bambu ataupun kayu, namun pada praktikum yang kami lakukan, kami menggunakan bilah bambu sebagai rangkanya karena bambu memiliki karakteristik yang lebih kuat dan kokoh dari pada kayu dan mampu menahan beban yang cukup besar serta tahan lama dan tidak mudah lapuk.
  2. Terpal, tentu saja kita harus menyediakan terpal dalam pembuatan kolam terpal ini. Adapun terpal yang digunakan yaitu berukuran 4×6 meter dengan ukuran kolam 2×4 meter.
  3. Peralatan kerja, adapun peralatan kerja yang dibutuhkan antara lain cangkul, sabit, golok, paku, tali dan peralatan penunjang lainnya.

Setelah peralatan yang dibutuhkan cukup dan terpenuhi kemudian kita harus menentukan lokasi pembuatan kolam. Adapun lokasi pembuatan kolam ini ditempatkan di halaman belakang Laboratorium Perikanan, Universitas Lampung. Sebelum memulai pembuatan kolam terlebih dahulu kita membersihkan lokasi yang hendak dipakai dari rumput-rumput liar. Kemudian kontur tanah diratakan agar permukaannya menjadi rata dan terhindar dari kerikil atau material lain yang mungkin akan merusak terpal kolam yang dapat menyebabkan kebocoran kolam.

  1. Tahap Pembuatan Kolam

Adapun tahapan dalam proses pembuatan kolam ini antara lain:

  1. Memotong bambu sesuai kebutuhan dan ukuran yang akan dibentuk sebagai kerangka kolam, usahakan agar permukaan bambu diraut agar menjadi lebih halus, sehinggaa tidak akan merusak terpal yang dapat menyebabkan kebocoran.
  2. Tancapkan bambu-bambu di dalam tanah sebagai patok sesuai dengan ukuran kolam yang diinginkan. Pada praktikum ini kami memakai ukuran kolam sebesar 4×2 meter.
  3. Kemudian membentuk kerangka kolam dengan melengkapi bilah-bilah yang kosong dengan bambu agar konstruksinya menjadi kokoh.
  4. Setelah kerangka kolam terbentuk sempurna dan kokoh, kemudian dilakukan pemasangan saluran pipa untuk pembuangan air kolam. Selain untuk pembuangan air, pipa pembuangan sekaligus dapat difungsikan sebagai pengatur ketinggian level air kolam.
  5. Setelah selesai, pasang terpal pada kerangka kolam, untuk terpal yang dekat dengan bagian pipa pengeluaran, buat lubang pada terpal sesuai ukuran pipa pipa pengeluaran menggunakan cutter. Kemudian padang pipa yang sudah dibuat sebelumnya dan diberi lem agar tidak bocor.
  6. Kolam terpal siap digunakan.

Referensi:

http://komunitas-lelesangkuriang.blogspot.co.id/2013/04/panduan-membuat-kolam-terpal-lengkap.html. Diakses pada tanggal 8 Mei 2016 pada pukul 20.00 WIB.

http://daunijo.com/cara-membuat-kolam-terpal-kerangka-bambu-dengan-pipa-pembuangan/. Diakses pada tanggal 8 Mei 2016 pada pukul 20.00 WIB.

http://www.duniaikanku.com/2015/11/cara-membuat-kolam-terpal-dari-bambu.html. Diakses pada tanggal 8 Mei 2016 pada pukul 20.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s